Senin, 26 September 2011

Hadist Silaturahmi dan hak tetangga dari buku Tanbihul Ghafilin

Dari Abul Laits Assamarqandi sanadnya dari Abu Ayyub ra.Seorang Badwi bertanya pada Nabi saw:ya Rasulullah beritahukan kepadaku apakah yang dapat mendekatkan aku ke surga dan menjauhkan diriku dari api neraka? jawab Nabi saw:menyembah Allah dan tidak mempersekutukanNya dengan suatu apapun,dan mendirikan sembahyang dan mengeluarkan zakat dan menghubungi famili
Dari Abul Laits Assamarqandi sanadnya dari Abdullah bin Abi Aufa ra berkata"pada waktu sore hariArafah kami duduk bersama Nabi saw.Tiba-tiba Nabi saw bersabda:jangan duduk bersama kami siapa yang memutus hubungan famili,supaya bangun dari tengah-tengah kami,maka tidak ada orang kecuali seorang dibelakang sendiri,tetapi tidak lama ia kembali maka ditanya oleh Nabi saw.Mengapakah engkau,sebab tidak ada orang yang bangun kecuali engkau?jawabnya :ya Rasulullah,ketika saya mendengar sabdamu itu,segera saya pergi kerumah bibiku yang memutuskan hubungannya dengan aku,lalu dia tanya:mengapa kau datang,ganjil sekali kedatanganmu ini.Maka saya beritahukan apa yang saya dengar daripadamu,maka ia bacakan istigfar untukku dan aku membaca istigfar untuknya.Rasulullah saw bersabda:Bagus engkau,duduklah sekarang,sebab rahmat tidak akan turun pada suatu kaum jika ada diantara mereka  seorang yang memutus hubungan famili"
Rasulullah saw bersabda "tidak ada perbuatan hasanah yang lebih cepat pahalanya daripada silaturrahmi(menghubungi famili),dan tiada dosa besar,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar