Rabu, 28 September 2011

Hadits Wudhu' dan Thaharah kesucian dari Tanbihul Ghafilin

Dari Abul Laits Assamarqandi sanadnya dari Abu Umamah Al-Bahili ra dan Amr bin Anbasah ra."Siapakah engkau?jawabnya:saya Nabi saya tanya:apakah Nabi itu?jawabnya:utusan Allah,saya tanya:Allah mengutusmu?jawabnya:ya.saya tanya:diutus untuk apa?jawabnya:untuk mengesakan Allah dan tidak mempersekutukannyadengan sesuatu apapun,dan menghancurkan berhala,dan menyambung hubungan famili.lalu saya tanya:siapa yang bersamamu dalam tugas ini?jawabnya:seorang merdeka dan seorang hamba(yakni Abu Bakar dan Bilal ra)saya berkata:dan saya ikut kepadamu.Sabda Nabi saw:engkau tidak dapat pada waktu ini,tetapi lebih baik engkau kembali kedaerahmu dan bila engkau mendengar saya telah menang,maka datanglah kepadaku,maka segera saya kembali kerumahku dan saya telah Islam,karena itu saya merasa bahwa saya orang keempat dalam Islam sebab Nabi saw menyatakan yang Islam hanya seorang yang merdeka (Abu Bakar)dan seorang budak (Bilal).kemudian sesudah saya mendengar bahwa Rasulullah saw berhijrah ke Madinah,maka segera saya berkendaraan pergi ke Madinah ,dan langsung saya menuju ke tempat Nabi saw dan bertanya:ingatkah engkau kepadaku?jawab Nabi saw:ya bukankah engkau yang datang kepadaku di Mekkah?jawabku :benar.Maka kini ajarkan kepadaku apa yang diajarkan kepadamu oleh Allah.Maka sabda Nabi saw:'jika telah selesai sembahyang subuh,maka hentikan sembahyang sehingga terbit matahari,dan bila telah terbit maka jangan sembahyang hingga naik tinggi,sebab ketika terbit itu,terbit diantara dua tanduk syaithan,dan ketika itu orang-orang kafir sujud,dan jika sudah naik sekadar tombak atau dua tombak,maka sembahyanglah,sebab sembahyang pada waktu itu disaksikan Malaikat dan dihadirinya,sehingga bayangan bayangan tombak persis dibawahnya(yakni istiwaa')maka hentikanlah sembahyang karena pada saat itu nyalanya jahanam,dan bila telah ada bayangan condong ketimur,maka sembahyang pada saat itu disaksikan malaikat dan dihadirinya,sehingga sembahyang ashar,dan bila selesai sembahyang ashar,hentikan sembahyang sehingga terbenam matahari,karena ia terbenam diantara dua tanduk syaithan dan ketika itu orang-orang kafir pada sujud.Saya bertanya:beritahukan kepadaku tentang wudlu?jawab Nabi saw:tiada seorang diantara kamu yang menyiapkan wudhunya kemudian berkumur dan menghirup air ke hidung dan mengeluarkannya melainkan keluar dosa-dosa mulut dan hidungnya bersama tetesan air ketika mengeluarkan air dari mulut dan hidungnya,kemudian membasuh muka sebagaimana yang diperintah Allah,melainkan keluar dosa-dosa mukanya bersama tetesan air,kemudian membasuh tangan sampai kedua siku sebagai perintah Allah,melainkan keluar dosa-dosa tangannya dari ujung jari-jarinya bersama air,kemudian mengusap kepalanya sebagaimana perintah Allah,melainkan keluar dosa-dosa kepalanya dari ujung-ujung rambutnya bersama air,kemudian membasuh kedua kakinya sampai mata kaki sebagai perintah Allah,melainkan keluar dosa-dosa kakinya dari ujung-ujung jarinya bersama tetesan air,kemudian bila ia berdiri memuji Allah sebagaimana lazimnya dan sembahyang dua rakaat,melainkan keluar dari dosa-dosanya sebagaimana ia baru dilahirkan dari perut ibunya"
Dari Abul Laits Assamarqandi sanadnya dari Abuhurairah ra. Rasulullah saw bersabda"Sukakah saya tunjukkan kamu perbuatan yang dapat menghapus dosa dan menaikan derajat?jawab sahabat:baiklah ya Rasulullah.Sabda Nabi saw:menyempurnakan wudhu'pada waktu-waktu dingin(musim bediding)dan sabar atas penderitaan ,dan banyak melangkah ke masjid,dan menantikan sembahyang sesudah sembahyang ,maka itulah ribaath pertahanan dari musuh ,yang berarti sama dengan pahala orang bertahan di garis depan menghadapi musuh"
Dari Abuhurairah ra . Rasulullah saw bersabda"Siapa tidur dalam keadaan berwudhu' (suci)dalam kemul yang suci,maka ia bermalam dengan malaikat dalam kemulnya,maka tiada bangun di waktu malam melainkan malaikat itu berdo'a:ya Allah ampunkan hambaMu fulan,karena ia tidur dalam keadaan suci"
Dari Imran bin Abban dan Usman bin Affan ra.Rasulullah saw bersabda:siapa yang wudhu bagaikan wudhuku ini,kemudian sembahyang dua rakaat,tidak tergerak hatinya ketika sembahyang itu dalam urusan dunia,niscaya diampunkan baginya dosa-dosanya yang telah lalu dan yang akan datang"
Dari Tsauban ra . Rasulullah saw bersabda"Istiqamalah kamu(yakni tetapkan amal kebaikan yang kamu lakukan)dan kamu tidak akan dapat menghitung berapa banyak keuntungan orang yang istiqamah,dan ketahuilah bahwa sebaik-baik amalmu yalah sembahyng,dan tidak akan dapat menjaga untuk selama berwudhu kecuali orang mukmin(yakni selalu berwudhu termasuk akhlak orang mukmin)karena itu seharusnya seorang mukmin selalu berwudhu sepanjang hari,dan bila akan tidurpun harus berwudhu.sebab bila ia berbuat sedemikian dikasihi Allah dan malaikat hafadhah yang menjaga)"
Dari Uqbah bin Amir,Umar bin Alkhaththab ra . Rasulullah saw bersabda"jika selesai salah satu kamu dari wudhu lalu membaca Asyhadu anlaa ilaha illallahu...saya percaya bahwa tiada Tuhan kecuali Allah yang esa dan tidak bersekutu dan saya percaya bahwa Muhammad hamba Allah dan utusanNya.maka akan dibukakan untuknya pintu surga yang delapan boleh masuk dari mana yang ia suka"
Dari Abul Laits sanadnya dari Abud Dardaa ra . Rasulullah saw bersabda " Lima macam siapa yang membawanya pada hari qiyamat bersama iman pasti masuk surga,yaitu siapa yang menjaga sembahyang lima waktu tepat pada waktunya,sempurna wudhunya dan rukunya,sujudnya.Dan siapa yang mengeluarkan zakat hartanya dengan senang hati,Kemudian Nabi saw bersabda:Demi Allah,tidak akan berbuat demikian itu kecuali orang mukmin.dan siapa yang puasa bulan ramadhan,dan haji kebaitullah jika kuasa perjalanannya,dan menunaikan amanat.Orang-orang bertanya:apakah amanat itu hai Abud Dardaa?jawabnya:mandi janabat,sebab Allah tidak mengamanatkan sesuatu pada anak Adam dalam agama kecuali itu"
Dari Abul Laits Assamarqandi sanadnya dari Abu Hurairah ra"Selesai sembahyang subuh  Rasulullah saw bersabda kepada bilal:ceritakan kepadaku amal yang terbaik yang engkau lakukan dalam Islam,karena semalam saya mendengar suara sandalmu di surga?jawab Bilal:tidak ada amal yang lebih baik yang dapat saya kerjakan dalam Islam,selain dari tiap-tiap saya berwudhu siang atau malam melainkan saya gunakan sembahyang berapa yang ditakdirkan untukkuoleh Tuhanku.Dalam lain riwayat:tiada saya berhadats melainkan saya membaharui wudhu,dan tiada berwudhu melainkan saya sembahyang dua rakaat"
Dari Abul Laits Assamarqandi sanadnya dari Isma'il . Rasulullah saw bersabda " Pergunakanlah siwak (gosok gigi) sebab mengandung sepuluh kebaikan:1)menyucikan mulut 2)Menyebabkan ridha Tuhan 3)Menyenangkan Malaikat 4)menerangkan mata 5)memutihkan gigi 6)menguatkan gusi 7)menghilangkan karang(gudal) 8)Mencernakan makanan 9)Menghilangkan balgham 10)Memperlipat pahala sembahyang,Menyegarkan pernapasan,bau mulut,dan ia sebagai alat untuk membaca Al Qur'an"
Dari Abul Laits sanadnya dari Hassan bin Athiyah . Rasulullah saw bersabda" wudhu itu sebagian dari iman,dan siwak itu sebagian dari wudhu' dan andaikan tidak kuatir memberatkan pada umatku,niscaya saya wajibkan bersiwak tiap-tiap sembahyang,dan dua rakaat yang dilakukan dengan bersiwak ,lebih afdhal dari tujuh puluh rakaat yang tidak bersiwak"
Dari Abul Laits Assamarqandi sanadnya dari Abu Salamah,dari Abu Hurairah ra . Rasulullah saw bersabda " Lima macam dari tuntunan fitrah (yakni kelaziman kejadian manusia) 1)menggunting kumis 2)memotong kuku 3) mencukur bulu kemaluan 4) mencabut bulu ketiak  5)SIWAK (gosok gigi)
Rasulullah saw bersabda " selalu Jibril berpesan kepadaku supaya baik pada tetangga sehingga saya kira kemungkinan akan diberi hak waris.dan selalu berpesan kepadaku berlaku baik terhadap budak sehingga saya kira kemungkinan akan ditetapkan masa untuk memerdekakannya dan selalu berpesan kepadaku supaya gosok gigi (bersiwak) sehingga saya kuatir akan habis gusiku,dan selalu berpesan kepadaku berbuat baik terhadap istri sehingga saya kira mungkin akan diharamkan cerai,dan selalu berpesan kepadaku supaya sembahyang malam sehingga saya kira bahwa sebaik-baik umatku ialah yang tidak tidur waktu malam"
Dari Al A'masy."Pernah terjadi bahwa Jibril agak lama tidak datang dan ketika telah datang,ditanya oleh Nabi saw:apakah yang menahanmu hai Jibril?jawabnya:bagaimana akan datang kepadamu padahal kamu belum menggunting kukumu,dan belum memotong kumismu,juga tidak membersihkan tepi-tepi kuku jarimu,juga tidak bersiwak,kemudian Jibril berkata:Tiada kami dapat turun kecuali dengan perintah Tuhanmu(maryam 65)"
Rasulullah saw bersabda " Kewajiban tiap muslim pada tiap jumat mandi,gosok gigi,dan berharum-harum"
Rasulullah saw ketika masuk dalam surga pada malam isra' mi'raj dihadapi oleh bidadari,dan mereka berpesan"Hai Muhammad ajarkan kepada ummatmu supaya bersiwak,sebab tiap mereka bersiwak,bertambah elok bagus"
Dari Ibn Syihab . Rasulullah saw bersabda " siapa yang memotong kuku pada hari jum'at ,maka aman baginya daripada kusta"
Nabi saw telah menentukqn waktu selambat-lambatnya tiap empat puluh hari satu kali mencukur bulu kemaluan,dan tiap jum'at memotong kuku
Rasulullah saw bersabda " Sedapkan bau mulut sebab mulut itu alat untuk membaca Al Qur'an

Tidak ada komentar:

Posting Komentar