Rabu, 28 September 2011

Hadits sombon,dengki,rakus dan panjang angan-angan dari Tanbihul Ghafilin

Dari Abul Laits Assamarqandi dari Abu Hurairah ra . Rasulullah saw bersabda " Tiga macam orang yang tidak akan diajak bicara oleh Allah pada hari qiyamat dan tidak dilihat,dan mereka tetap mendapat siksa yang pedih:10 Orang tua yang berzina 2) Raja yang berdusta 3) orang miskin yang sombong "
Dari Abul Laits Assamarqandi sanadnya dari Abuhurairah ra . Rasulullah saw bersabda " Telah diperlihatkan kepadaku tiga macam orang yang pertama masuk surga,dan tiga macam orang yang pertama masuk neraka.Adapun tiga macam orang yang pertama masuk surga yaitu orang yang mati syahid,dan hamba sahaya yang disamping kesibukannya didunia tidak meninggalkan taat kepada Tuhannya.dan orang fakir yang banyak anak keluarga dan tawadhu' .Adapun tiga macam orang yang pertama masuk neraka,maka yaitu raja yang kejam,dan orang kaya yang tidak mengeluarkan zakat,dan orang miskin yang sombong "
Rasulullah saw bersabda " sesungguhnya Allah membenci tiga macam orang,tetapi benciNya kepada tiga orang dari mereka lebih berat.1 membenci orang fasiq,tetapi kepada orang tua yang fasiq lebih membenci 2 membenci orang kikir dan terhadap orang kaya yang kikir lebih membenci 3 membenci orang sombong tetapi kepada orang miskin yang sombong lebih benci dan Allah cinta kepada tiga macam orang dan kepada yang tiga dari mereka lebih cinta 1. Allah kasih kepada orang bertaqwa dan kepada pemuda yang taqwa lebih kasih 2. Allah kasih kepada orang yang loman,dan kepada orang miskin yang loman lebih cinta 3. Allah kasih kepada orang yang tawadhu'(merendahkan diri) dan kepada orang kaya yang tawadhu' lebih kasih "
Dari Habib bin Abi Tsabit dari Yahya bin Ju'lah . Rasulullah saw bersabda " Tidak akan masuk surga siapa yang didalam hatinya ada seberat zarrah dari kesombongan .seorang bertanya:ya Rasulullah,saya senang jika pakaianku bersih juga sandal dan tali pecutku,apakah itu termasuk sombong?jawab Nabi saw:Sesungguhnya Allah itu indah,suka kepada keindahan,dan suka bila memberi nikmat kepada hambaNya supaya tampakbekas nikmat itu pada hambaNya.dan Allah membenci kemelaratan dan berlagak melarat,tetapi sombong itu yalah mengabaikan hak kebenaran dan menghina orang "
Dari Alhasan . Rasulullah saw bersabda " Siapa yang dapat menjahit sandalnya dan menembel bajunya dan sujud wajahnya di tanah karena Allah,maka telah bebas dari sombong "
Rasulullah saw bersabda ' siapa yang dapat memakai baju bulu (shuf)dan memakai sandal yang dibetulkan dan mengendarai Himar dan memerah kambingnya dan makan bersama anak keluarganya,dan duduk bersama orang miskin,maka Allah telah menghapus dari jiwanya sifat sombong '
Dari Ibn Umar ra . Nabi saw bersabda " jika kamu melihat orang-orang tawadhu' maka merendahlah kamu kepada mereka,dan jika kamu melihat orang-orang yang sombong maka sombongilah mereka,sebab yang demikian itu bagi mereka sebagai penghinaan dan untuk kamu sebagai sedekah."
Dari Abuhurairah ra . rasulullah saw bersabda " Tiada seorang bertawadhu' karena Allah ,melainkan Allah akan memulyakan derajatnya "
Dari Abuhurairah ra . Rasulullah saw bersabda " tidak akan berkurang harta karena sedekah dan tiada seorang yang memaafkan orang melainkan ditambah oleh Allah kemulyaannya"
Diriwayatkan  ketika Nabi saw dirumah Aisyah ra sedang makan dendeng(daging yang dikeringkan) diatas talam sambil duduk bertekuk lutut,tiba-tiba masuk seorang perempuan yang keji mulut melihat Nabi saw duduk sedemikian itu berkata;lihatlah orang itu duduk seperti budak ,maka dijawab oleh Nabi saw:saya seorang hamba,maka duduk seperti duduk budak dan makan seperti makan budak,lalu Nabi saw mempersilahkan wanita itu untuk makan,jawab wanita itu:tidak kecuali engkau memberi makan padaku dari tanganku.Lalu diberi makan dari tangan Nabi saw,Kemudian wanita itu berkata:tidak mau jika tidak kau beri padaku dari mulutmu,sedang waktu itu dimulut Nabi ada daging yang ada ototnya yang masih dikunyah lalu dikeluarkan oleh Nabi dari mulutnya dan diberikan kepada wanita itu,dan ketika makanan itu sudah masuk dalam perut,wanita itu tiba-tiba merasa malu sehingga tidak dapat melihat orang dan tidak terdengar lagi daripadanya kata-kata yang keji sehingga mati.
Dari Al Hasan . rasulullah saw bersabda " Aku telah diberi kunci kekayaan bumi,lalu disuruh pilih antara menjadi hamba dan nabi atau menjadi nabi dan raja,maka Jibril memberi isyarat kepadaku supaya bertawadhu' dan menjadi nabi hamba,maka saya pilih nabi hamba,maka diberikan kepadaku itu,dan aku pertama manusia yang keluar dari bumi kelak dan aku yang pertama memberi syafa'at kelak"
Dari Qatadah . Nabi saw bersabda " Siapa-siapa yang meninggal dunia sedang ia bebas dari tiga,pasti masuk surga yaitu sombong,khianat,utang."
Dari Abuhurairah ra . Rasulullah saw bersabda "Allah ta'ala berfirman:Kebesaran itu sarungKu,dan kesombongan itu kemulKu,maka siapa akan menyaingi Aku salah satudari dua itu.Aku buang ia dalam api neraka "
Dari Abul Laits Assamarqandi sanadnya dari Alhasan . rasulullah saw bersabda " Hasud dan dengki itu keduanya akan memakan habis hasanat sebagaimana api makan kayu. "
Dari Ibrahim bin Aliyah dari Abbad bin Ishaq dari Abdurrahman bin Mu'awiyah . Rasulullah saw bersabda " Tiga macam sifat yang tidak dapat selamat daripadanya seorangpun sangka-sangka,dan hasud,dan takut sial karena sesuatu.Lalu ditanya :ya Rasulullah bagaimana untuk selamat dari semua itu?jawab Nabi saw:jika engkau hasud maka jangan kau lanjutkan.Dan jika menyangka maka jangan kau buktikan(jangan kau cari-cari kenyataannya).dan jika merasa takut dari sesuatu,maka terjanglah(jangan mundur).Yakni jika hasud dalam hatimu maka jangan kau lahirkan dalam praktek amal perbuatanmu,sebab dalam hasud itumasih ada hati,maka Allah memaafkan selama belum keluar dengan lidah atau perbuatan. Jika su'udhdhan maka jangan kau buktikan,jangan berusaha menyelidiki ketemu kenyataannya.Demikian pula jika akan keluar untuk sesuatu lalu ada suara burung atau lain-lain yang menimbulkan was-was dalam hati maka teruskan hajatmu dan jangan mundur "
Dari Abul Laits Assamarqandi sanadnya dari Abuhurairah ra . Rasulullah saw bersabda " jangan benci membenci dan jangan hasud menghasud dan jangan menawar barang untuk menjerumuskan orang lain,dan jadilah kamu hamba Allah sebagai saudara "
Rasulullah saw bersabda " ingatlah bahwa nikmat-nikmat Allah ada musuhnya .Ditanya:siapa musuh-musuh nikmat Allah itu ya Rasulullah? .jawabnya:yalah mereka yang hasud terhadap nikmat karunia Allah yang diberikan kepada manusia(hambaNya)"
Dari Abuhurairah ra . Rasulullah saw bersabda " enam karena enam akan masuk neraka pada hari qiyamat sebelumh hisab (perhitungan amal) 1. pemerintah karena dhalim 2. orang karena fanatik(menyombongkan kebangsaan) 3. kepala desa karena sombong 4. pedagang karena khianat 5. orang dusun karena kebodohan 6. dan ahli ilmu karena hasud "
Dari Ibn Syihab (azzubri) dari Salim dari ayahnya (Ibn Umar) ra . Rasulullah saw bersabda " tidak boleh seorang hasud kecuali dalam dua macam 1. seorang yang diberi Tuhan kepandaian dalam Al Quran maka digunakannya siang malam (diamalkan) 2. Dan seorang yang diberi Allah kekayaan maka ia bersedekah siang malam (orang boleh ingin sedemikian itu)"
Dari Al alaa' bin Abdirrahman dari ayahnya dari Abuhurairah ra . Rasulullah saw bersabda " Hak kewajiban seorang muslim terhadap sesama muslim enam .Ditanya:apakah itu ya Rasulullah?jawabnya:jika bertemu harus diberi salam.jika mengundang harus didatangi ,jika minta nasehat harus ditunjukkan yang benar .jika bersin dan membaca Alhamdulillah,harus didoakan,jika sakit harus disambang,jika mati harus diantarkan jenazahnya "
Dari Abul Laits Assamarqandi sanadnya dari Anas bin Malik ra "Saya telah jadi pelayan Nabi saw sejak umur delapan tahun dan pertama yang diajarkan Nabi saw kepadaku:ya Anas,tepatkan wudhu' mu untuk sembahyang,supaya dicinta oleh malaikat yang menjagamu,dan ditambah umurmu. ya Anas mandilah dari janabat. saya bertanya:bagaimana menyempurnakannya? jawabnya:puaskan sampai kerambut-rambutmmu dan bersihkan benar kulitmu,supaya engkau keluar dari tempat mandi sudah diampunkan dos-dosamu,ya Anas,jangan engkau tinggalkan sembahyang dhuha sebab itu sembahyangnya orang-orang awwaabiin (yang tobat kembali kepada Allah) dan perbanyak sembahyang malam,dan siang sebab selama engkau sembahyang maka para malaikat mendoakan untukmu. hai Amas jika engkau berdiri sembahyang maka tegakkan dirimu dihadapan Allah,dan jika ruku' maka letakkan kedua tapak dimulutmu dan renggangkan jari-jarimu,dan renggangkan kedua lengan tanganmu dari pinggangmu,dan bila bangun dari ruku' maka tegaklah sehingga kembali tiap anggauta di tempatnya,dan jika sujud maka letakkan wajahmu ditanah,dan jangan sebagai burung yang menyucuk makanan,dan jangan kau hamparkan kedua lengan tanganmu sebagaimana pelandu,dan jika duduk diantara dua sujud maka jangan sebagaimana duduk anjing,dan letakkan kedua bokongmu diantara kedua kaki,dan letakkan bagian atas tapak kaki ditanah,sebab Allah tidak melihat sembahyang yang tidak sempurna ruku' sujudnya.Dan jika dapat engkau tetap berwudhu' siang malam maka kerjakanlah,sebab jika tiba maut kepadamu sedang engkau berwudhu',maka engkau tidak luput dari mati syahid.Hai Anas jika engkau masuk ke rumahmu,maka berilah salam kepada keluargamu supaya banyak berkat rumahmu,dan jika engkau keluar untuk hajat maka berilah salam pada tiap muslim yang bertemu kepadamu supaya masuk manisnya iman dalam hatimu,dan jika terkena dosa ketika keluar maka akan kembali sudah diampunkan dosamu.Hai Anas jangan sampai di waktu siang dan malam engkau mendendam dengki kepada seorang muslim,sebab itu dari ajaranku,maka siapa yangmengikuti ajaranku berarti cinta kepadaku,dan siapa yang cinta kepadaku maka ia bersamaku disurga, hai Anas,jika engkau melakukan dan mengingati wasiatku ini maka tidak ada sesuatu yang lebih suka daripada maut,sebab disitulah istirahatmu"
Dari Abul Laits Assamarqandi sanadnya dari Anas ra"Ketika kami di masjid bersama Nabi saw.Tiba-tiba Nabi saw bersabda :akan masuk kepadamu seorang ahli surga sambil memgang kedua sandalnya dengan tangan kirinya,maka tiba-tiba masuk seorang sebagaimana yang disabdakan Nabi saw itu dan sesudah memberi salam ia duduk bersama kami.Kemudian pada esok harinya.Rasulullah saw bersabda pula dan masuk kembali orang itu persis keadaannya kemarin itu.dan hari ketiga Nabi saw bersabda juga seperti kedua hari itu,dan ketika orang itu bangun untuk kembali diikuti oleh Abdullah bin Amr Al-ash dan berkata kepada orang itu:telah terjadi pertengkaran sedikit antaraku dengan ayahku sehingga aku bersumpah tidak akan masuk kepadanya selama tiga malam,maka jika engkau tidak keberatan maka saya akan bermalam ditempatmu selama ini.jawabnya:baiklah.Anas ra berkata:Abdullah bin Amr menceritakan bahwa ia bermalam di tempat orang itu dan ternyata bahwa orang itu tidak bangun malam,hanya saja jika tidur berdzikir sehingga bangun fajar,dan jika berwudhu' sempurna dan juga sembahyang dengan khusyu' dan tidak puasa sunnat,demikian saya perhatikan kelakuannya sampai tiga hari tiga malam tidak lebih dari itu,hanya saja ia tidak berkata-kata kecuali yang baik.Dan setelah tiga malam saya merasa bahwa ia tidak mempunyai amal yang berlebihan dan saya katakan kepadanya:sebenarnya antaraku dengan ayahku tidak ada apa-apa,tetapi saya telah mendengar Rasulullah saw bersabda dalam tiga majelis:akan tiba padamu seorang ahli surga,tiba-tiba engkau yang datang,karena itu saya ingin  mengetahui amalmu,maka saya berusaha bermalam di tempatmu untuk meniru amalmu tetapi ternyata kepadaku bahwa engkau tidak berlebihan,maka apa yang kiranya menyebabkan engkau sehingga Nabi saw bersabda sedemikian itu? jawabnya:tidak lain melainkan apa yang sudah engkau lihat itu.maka pergilah aku.tetapi lalu dipanggil olehnya dan dikatakan:Amalku tidak lebih melainkan apa yang sudah engkau saksikan itu,hanya saja saya tidakiri hati atau dengki pada seseorang muslim terhadap segala yang ia dapat.Maka saya katakan:inilah yang menyampaikan engkau sehingga Nabi saw bersabda sedemikian itu,dan itulah yang tidak dapat kami laksanakan."
Dari Abul Laits Assamarqandi sanadnya dari Masruq,dari Aisyah ra"yang sering dikatakan Nabi jika masuk rumah:Andaikan anak Adam mempunyai dua lembah dari emas,niscaya ia masih ingin ketiga,dan tidak ada yang dapat menutup keinginan anak Adam kecuali tanah,dan Allah akan memberi tobat kepada siapa yang tobat.Dan sesungguhnya Allah menjadikan harta ini hanya untuk menegakkan sembahyang dan dikeluarkan untuk zakat "
Dari Qatadah dari Anas bin Malik ra . Rasulullah saw bersabda " semua yang ada pada anak Adam dapat berubah rusak atau tua kecuali dua macam: Thama' rakus dan angan-angan. "
Rasulullah saw bersbda " saya memastikan adanya tiga bagi tiga:bagi orang yang sibuk dunia dan rakus kepada dunia,dan bakhil kepada dunia ,pasti ia akan menderita kekurangan yang tidak ada cukupnya,dan sibuk yang tidak ada liburnya,dan risau yang tidak ada senangnya"
Dari Mujahid dari Abdullah bin Umar ra . rasulullah saw bersabda "jadilah engkau didunia ini bagaikan seorang asing atau sekedar melalui jalan dan anggaplah dirimu dari ahli kubur "
Dari Abul Laits Assamarqandi sanadnya dari Alhasan Albashri . Rasulullah saw bersabda " Apakah kamu semuanya ingin masuk surga?jawab mereka:benar ya Rasulullah?.sabda Nabi saw:pendekkan angan-anganmu dan malulah kepada Allah dengan sesungguhnya.jawab mereka:kami sudah malu kepada Allah ya Rasulullah? bersabda Nabi saw:bukan itu ,tetapi malu kepada Allah itu ialah ingat kubur dan kerusakan yang ada didalamnya,dan menjaga perutdan apa yang masuk ke dalamnya,dan menjaga kepala dan apa yang ada padanya(pancaindranya) dan siapa yang ingin kemulyaan akherat harus meninggalkan kemewahan dunia,maka disitu berarti malu kepada Allah yang sungguh-sungguh dan dengan itu tercapai kewaliyan(waliyullah)"
Dari Humaid Aththawil dari Al-Ijl"Rasulullah saw membaca :Alhaakumuttakatsur-hattazur tumul maqabir(kamu telah dilupakan karena sibuk memperbanyak kekayaan,sehingga masuk keliang kubur)kemudian Nabi saw bersabda:Anak Adam selalu berkata:ini hartaku,ini milikku,dan tidak berguna bagimu milikmu itu kecuali yang telah engkau makan sehingga habis atau engkau sedekahkan maka tetap menjadi tabungan pada pahalamu,atau engkau pakai sehingga rusak."
Dari Urwah bin Azzubair dari Aisyah ra Rasulullah saw bersabda " Hai Aisyah jika engkau ingin mengikuti aku maka cukupkan dari dunia ini bagaikan bekal orang berpergian(yakni yang perlu-perlu saja)dan awas (hati-hati) daripada berkumpul dengan orang-orang kaya,dan jangan menganggap pakaian itu busuk(berganti)sehingga engkau tembel"
Rasulullah saw bersabda dalam do'anya"Ya Allah siapa yang cinta kepadaku maka berilah rizki cukupdan sopan,dan siapa yang membenci aku maka banyakkan harta dan anaknya"
Dari Abul Laits Assamarqandi sanadnya dari Al-hasan bin Ali ra . Rasulullah saw bersabda "suka dunia itu menyebabkan susah dan risau,dan zuhud terhadap dunia itu menyenangkan(menenangkan)hati fikiran dan badan .Bukan kemiskinan yang saya kuatirka atas kamu,tetapi saya kuatirkan kamu dari kaya,jika terbuka luas bagimu dunia sebagaimana terbuka luas pada umatyang sebelummu,maka kamu berebut sebagaimana mereka berebut,maka membinasakan kamu sebagaimana membinasakan mereka "
Rasulullah saw bersabda " kebaikan umat ini pada mulanya dengan zuhud dan yakin,dan kebinasaan umat ini kelak dengan bakhil dan panjang angan-angan"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar